Air conditioner system isolated on white. 3d

Cara Membersihkan AC Sendiri di Rumah

Cara mudah dan ekonomis untuk membersihkan diri dengan pendingin ruangan di rumah. Jika tidak dirawat dan dibersihkan secara teratur, udara yang dilepaskan oleh AC memicu gangguan pernapasan

Pendingin udara atau pendingin ruangan menjadi barang elektronik yang kami gunakan setiap hari di rumah. Namun, AC yang tidak dirawat secara teratur dan hati-hati dapat menyebabkan polusi udara bagi penghuninya, menyebabkan berbagai jenis penyakit, seperti penyakit pernapasan.

Ini karena pendingin ruangan yang kotor dapat menyimpan beberapa virus dan bakteri yang kemudian menyebar ke seluruh ruangan untuk memasuki indera penciuman.

Pentingnya membersihkan AC secara rutin

Fakta ini diperkuat oleh hasil penyelidikan oleh United States Environmental Protection Agency (US EPA) bahwa polusi dalam ruangan bisa 2 hingga 5 kali lebih tinggi daripada polusi luar ruangan. Polusi ini juga merupakan salah satu dari 5 polusi utama yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Ini membutuhkan pembersihan AC secara teratur. Dan pada kenyataannya, kita sendiri dapat, lihat, membersihkan pendingin udara tanpa memanggil penyedia layanan. Selain umur yang lebih efisien, umur AC juga lebih lama dan tidak mudah rusak.

Nah, secara umum ada 2 proses pembersihan AC, yaitu, Kecil “dibuat untuk unit dalam ruangan, misalnya filter dan penutup AC, dan Besar” yang mencakup komponen interior (evaporator) dan eksterior (eksterior).

Peralatan yang diperlukan

Pembersihan kecil dapat dilakukan sesering mungkin, misalnya, setiap dua minggu sekali. Sementara itu, pembersihan penting dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Jika Anda ingin mencobanya, berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • Sikat sedang, sikat gigi yang tidak digunakan.
  • Obeng + (selengkapnya), – (Min.)
  • Pita perekat (untuk menutup saklar daya terbuka)

Cara memberihkan AC

Sebelum membersihkan interior dan eksterior, matikan semua sumber daya yang terhubung ke AC.

Ikuti langkah-langkah untuk berolahraga di luar ruangan di bawah ini:

Gunakan sikat untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada rak pendingin (yang berbentuk radiator mobil). Gunakan sikat gigi untuk membersihkan di ruang sempit dan sikat tidak mencapai area. Saat membersihkan untuk tahap awal ini, kita tidak membutuhkan air atau deterjen. Langkah ini tidak perlu dibersihkan dari dalam karena debu yang menempel hanya bagian luar dan membersihkannya dari dalam pada langkah selanjutnya yang membutuhkan deterjen dan air.

Siapkan ember plastik (bak plastik) dan deterjen, isi dengan air dan tuangkan deterjen yang cukup (setengah tangan orang dewasa).

Buka penutup luar yang terbuat dari plastik yang disambung dengan 2 baut (tergantung pada tanda AC). Ambil panci dan isi air mandi hanya dengan ΒΌ air berkali-kali, lalu:

Bilas jaringan AC dari sisi depan tanpa melepaskan kipas. Jika dianggap mengganggu, lepaskan tetapi jangan sampai terlewat atau sekrup tidak ada karena akan mengurangi kinerja AC. Bilas dengan menggerakkan tangan Anda sedikit lebih keras (pengganti mesin semprot yang digunakan oleh layanan pembersih AC).

Bilas dari garis samping kipas ke depan dan ke kiri, jangan terlalu banyak membilas ke kanan karena kotak yang dilindungi oleh plat seng adalah mesin kompresor (jika kipas itu disebut Dinamo). Ulangi sampai air yang benar-benar jatuh bersih dan tidak bercampur dengan kotoran seperti penyiraman pertama.

Proses ini membutuhkan air hingga 3 kali lebih banyak dari ember berukuran sedang. Dan perlu diingat bahwa untuk irigasi terakhir jangan gunakan deterjen untuk menghindari menyebabkan karat. Saat sudah bersih, pasang jaring plastik yang melindungi kipas (fan) dan diamkan sampai benar-benar kering selama sekitar 2 jam.

Sebelum membersihkan AC dalam ruangan dengan air dan deterjen, pertama-tama lepaskan sakelar yang menghubungkan catu daya. Kemudian, tutup sakelar dengan pita perekat atau sejenisnya, untuk menghindari percikan air di dalam lubang

Buka penutup AC yang terhubung ke 2 sekrup dengan obeng + (lebih banyak). Sebelum membuka baut, pertama buka penutup baut dengan mencungkil dengan obeng – (min). Setelah itu, perlahan tarik ke atas. Biasanya, ada kunci tanpa baut yang membawa penutupnya.

Saat penutup terbuka, lepaskan kabel / konektor yang menghubungkan pemandu angin / belokan. Selanjutnya tarik Ayun ke depan perlahan. Ketika terbuka, kami mulai membersihkan AC.

Bersihkan debu yang menempel pada jaring pendingin dengan sikat. Jika sulit dijangkau dengan kuas, gunakan dengan sikat gigi tanpa menggunakan air, terutama kipas roller.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *