Informasi Menarik di dalam Biografi William Harrison 

Bila berbicara tentang Biografi  William Harrison, tentu ini tidak lepas dari sejarah Amerika Serikat. Hal ini karena Harrison adalah salah satu presiden di masa awal Amerika Serikat.

Harrison tercatat sebagai presiden ke sembilan Amerika Serikat. Namun, dia menjadi salah satu presiden dengan masa jabatan yang sangat singkat. Walau demikian, ada hal yang menarik yang patut juga untuk diketahui tentang masa hidupnya.

Masa Awal Hidupnya

Image Source: history.com

Harrison lahir pada tanggal 9 Februari 1773. Dia lahir di kota Berkeley. Keluarganya, serupa dengan sebagian besar penduduk koloni masa itu, adalah seorang petani. Area kebunnya ada di dekat kota Richmond, Virginia.

Ayahnya, Benjamin Harrison, adalah salah satu tokoh yang menandatangani Pernyataan Kemerdekaan dan sekaligus sebagai gubernur daerah Virginia.

Namun, mungkin tidak ada yang pernah tahu bahwa nantinya, cucunya pun, Benjamin Harrison, akan menjadi salah satu presiden Amerika Serikat. Cucunya menjadi presiden ke-23.

Keterlibatannya di Militer

Harrison muda menempuh pendidikan di University of Pennsylvania. Namun, dia tidak menyelesaikan pendidikannya dan keluar dari universitas pada tahun 1791. Lalu, dia bergabung dengan militer.

Karirnya dalam dunia militer memberikan pengalaman ketika dia berperang dengan pasukan Indian di berbagai daerah konflik. Salah satu yang patut dicatat dalam Biografi  William Harrison adalah peperangan yang bernama Battle of Fallen Timber.

Pada tahun 1795, dia pun menikah dengan Anna Tuthill Symmes yang merupakan anak dari seorang hakim. Namun, ayah Symmes tidaklah setuju dengan pernikahan ini. Walau demikian, pernikahan ini dikaruniai 10 anak.

Awal Karir di Politik

Harrison akhirnya meninggalkan dunia militer pada tahun 1798. Lalu, presiden pada masa itu, John Adams, menunjuknya sebagai sekretaris untuk daerah Northwest. Beberapa saat setelah itu, Harrison pun menjadi delegasi kongres dari daerah Northwest.

Lalu, karir politiknya semakin cemerlang setelah Kongres menetapkan Indiana sebagai teritori baru dan menunjuk Harrison sebagai pemimpin di area ini. Pada masa kepemimpinannya, dia melakukan negosiasi dengan penduduk Indian.

Sebenarnya, penduduk Indian tidak setuju. Namun, ada dukungan militer di balik persetujuan itu. Hal ini memantik konflik yang lebih besar hingga akhirnya pihak Harrison menang. Ini membuatnya dikenal sebagai penantang Indian yang berhasil.

Presiden yang Sangat Singkat

Usai kepemimpinannya, Harrison kembali lagi ke dunia militer. Pada perang tahun 1812, dia diangkat menjadi brigadir jenderal dan berhasil menciptakan kemenangan di Battle of the Thames. Di peperangan ini, Tecumseh, pemimpin suku Indian, terbunuh.

Lalu, di tahun 1814, dia mundur dari militer dan mengelola perkebunan di North Bend, Ohio bersama keluarganya. Namun, dua tahun setelahnya, Biografi  William Harrison mencatatkan bahwa dia terpilih sebagai perwakilan dewan dari Ohio.

Walau sudah berumur cukup lanjut, Harrison mencalonkan diri sebagai presiden dengan mengangkat gelar sebagai penakluk Indian. Ketika berusia 68 tahun, dia dilantik sebagai presiden pada tanggal 4 Maret 1841.

Hidup Pribadi dan Catatan Hidupnya

Dia memang sempat dilantik sebagai presiden. Namun, empat minggu kemudian Harrison meninggal karena pneumonia. Dia pun digantikan oleh John Tyler yang merupakan wakil presidennya.

Dari semua itu, ada beberapa catatan menarik tentang Harrison ini.

  1. Dia adalah presiden tertua di Amerika Serikat hingga akhirnya gelar ini diberikan pada Ronald Reagan yang menjadi presiden di usia 69 tahun.
  2. Harrison dikenal sebagai seorang yang berhasil menaklukkan suku Indian dalam peperangan dan karir militernya.
  3. Yang tak kalah menarik, istrinya menjadi ibu negara pertama yang menjadi janda dan menerima uang pension.

Walau memang tak menjabat lama, sejarah dan sepak terjang Harrison sangatlah menarik. Semua itu pun menjadi suatu warna dalam Biografi  William Harrison yang akan dikenang dalam sejarah Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: