greeners.co

Jenis Sapi Unggul yang Berukuran Gede

Sapi adalah salah satu hewan ternak yang paling diminati. Apalagi orang yang banget banget menikmati daging merah. {Mulai|Seperti|Diolah dengan| dipanggang, digiling, ataupun diolah jadi berbagai kuliner enak.

Tapi, tau tidak dirimu kalau ternyata ada banyak banget jenis sapi yang diternakkan di planet ini?

Bukan sapi kurban lho maksudnya. Jenis disini adalah varietas hewan berkaki empat ini yang kualitasnya super deh pokoknya.

Bahkan, dengan berkembangnya jaman, cukup banyak jenis sapi yang bagus ditemukan. Hal itu karena dibuat perkawinan antara sapi super guna memperoleh nilai yang lebih baik lagi.

Biar nggak pengen tahu, berikut ini beberapa sapi yang mungkin dirimu belum tahu.

1. Sapi Limousin

arenahewan.com

Jenis sapi ini adalah hewan ternak pedaging yang berasal dari Eropa, pasnya dari negara Prancis. Ukuran sapi ini sangat besar dan punya ukuran rumen di atas bobot rata-rata.

Karena ukurannya yang besar ini sapi limousin jadi unggulan. Selain itu, pertambahan ukuran sapi jenis ini dapat dibilang cukup cepat. Jadi, kebanyakan orang suka beternak jenis sapi ini.

Bayangin aja nih ya, per hari, sapi limousin mampu berkembang sampai satu koma satu {kilogram|kg) lho. Dan, bobot sapi jantan besar mampu sampai seribu seratus kg) dan betinanya 500 kilogram.

2. Sapi Brahman

Dari julukannya dirimu pasti paham sapi ini dari mana dong?

Ya, sapi brahman ini berasal dari daerahwilayah India. Sapi tipe brahman ini jadi sapi paling rekomended untuk dibudidayakan. Soalnya, kualitas sapi ini lebih baik jika disandingkan dengan sapi asli negeri ini.

Pertambahan sapi brahman, biarpun masih di bawah sapi limousin, tapi masih stabil tinggi. Per hari, sapi brahman bisa meningkat sampai kurang lebih 0.8 kilogram. Ukuran sapi jantan besar dapat sampai 800 kilogram, namun yang betina bisa sampai limaratus kilogram.

3. Sapi Angus

Sapi angus ini asal-usulnya dari kawasan Eropa, pasnya negara Inggris dan Skotlandia. Sapi tipe ini mempunyai mutu daging yang mantab lho. Karena, kandungan lemaknya yang sangat sedikit dan serat dagingnya padat.

Bahkan, sapi ini sering banget dijadiin bahan uji lho. Sapi jenis ini dijadiin sebagai indukan untuk perkawinan silang antar sapi. Maksudnya? Tentu untuk menghasilkan anakan yang kualitasnya terbaik.

4. Sapi Brangus

Cuma beda sedikit hurufnya dari tipe sapi di atas, sapi brangus ini adalah persilangan dari sapi betina tipe brahman dan pejantan angus.

Dua tipe sapi itu dikawinkan dan dihasilkan sapi brangus, sapi baru dengan mutu daging yang lebih baik. Ya, emang betul, karena daging dari sapi brangus mempunyai mutu yang lebih baik.

Bagi seekor brangus pejantan, besarnya dapat mencapai seribu delapan ratus kilogram. sedang, sapi betina dapat mencapai bobot seribut dua ratus kilogram.

5. Sapi Ongole

Tipe sapi ini adalah sapi yang punya punuk, asalnya dari India. Sapi ini ternyata cukup dikenal dan banyak dibudidayakan di negara kita lho, khususnya di Pulau Sumba. Karena hal itu, sapi ini dikenal juga sebagai SO atau Sumba Ongole.

Sumba Ongole ini masuk ke dalam tipe ternak pekerja lho. Dengan punuk yang ada di atas badannya, cukup sering digunakan menjadi tempat mengangkat barang besar dan dijadikan dudukan untuk membajak sawah.

6. Sapi Bali

Sapi jenis ini banyak sekali ditemukan di Pulau Bali, yaiya lah, namanya juga sapi Bali.

Ciri khas dari sapi jenis ini adalah ada warna putih di kakinya. Selain digunakan sebagai sumber daging, sapi jenis ini juga sebagai sapi pekerja. Umumnya digunakan untuk memudahkan petani membajak sawah.

Sapi Bali adalah berasal dari sapi liar. Karena hal itu, sapi jenis ini punya energi yang besar dan daya tahan tubuh yang kuat.

Pertumbuhan sapi jenis ini lumayan tinggi. Sapi Bali dapat berkembang sampai 0,8 kilogram per hari. Dan juga, di umurnya yang 1,5 tahun, besar sapi jenis ini mampu sampai dua ratus tujuh belas kilogram.

7. Sapi Madura

disnak.jatimprov.go.id

Ke jenis selanjutnya, ada juga sapi Madura, adalah tipe sapi potong lokal yang dapatkan dari perkawinan antara sapi Bali dengan sapi Zebu.

Sapi Madura adalah tipe sapi potong yang ukurannya kecil. Ya, kecil kalau dibandingkan dengan sapi jenis lainnya lho ya.

Pertumbuhan bobot dari sapi Madura ini kisaran 0,5-0,8 kilogram per hari. Tentu perkembangan itu masih lebih kecil kalau dibanding dengan sapi pedaging jenis ongole.

Sapi Madura umumnya digunakan menjadi sapi yang memudahkan petani untuk membajak sawah. Atau, sapi Madura umumnya dijadikan sebagai bahan tontonan di acara karapan sapi.

Dari ke-7 jenis sapi yang sudah disebutkan, kira-kira kamu udah pernah makan yang mana saja? Atau dirimu udah pernah melihat tidak wujud asli dari beberapa macam sapi yang sudah ditulis di atas?

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *