fungsi induktor

Pengetahuan tentang komponen elektronik dasar

Untuk membuat robot, Anda juga harus belajar elektronika. Namun, kali ini yang akan kita pelajari lebih sederhana. Ini adalah komponen kecil yang biasa disebut komponen elektronik dasar. Apa saja komponen yang wajib anda fahami, simak ulasan di bawah ini.

Kapasitor

Yang sering disebut kondensator adalah komponen elektronika yang fungsinya untuk menyimpan listrik sementara. Di dalam kondensor radio berfungsi untuk memilih gelombang di turner. Dalam satuan daya digunakan sebagai filter. Dan unit kondensor itu sendiri adalah Farad (F).

Kapasitor diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis, yang meliputi:

Kapasitor biasa Nilai tetap dan tidak memiliki polaritas, yang berarti tidak ada positif atau negatif seperti resistor Ada banyak bahan yang digunakan untuk membuat kondensor jenis ini, ada pula yang terbuat dari kertas, mika, poliester dan keramik.

Kapasitor elektrolit (kapasitor elektrolit). Sering disingkat sebagai Elco, ini adalah jenis kapasitor yang nilainya, tetapi ini memiliki polaritas. Jadi, Anda tidak mendapatkan pasangan yang salah, kaki positif panjang, pendek negatif. OK Dan selain ELCO, ada juga kapasitor yang memiliki polaritas yang disebut kapasitor tantalum.

Kondensor variabel Ini adalah jenis kapasitor yang nilainya dapat berubah.

Induktor

Ini sering disebut koil (coil). Komponen elektronik yang berfungsi mengatur frekuensi, filter dan juga sebagai perangkat koneksi. Induktor sering digunakan di sirkuit elektronik terkait frekuensi. Dan unit induktansi dalam induktor disebut Henry (H).

Induktor diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu: induktor yang nilainya tetap dan induktor yang nilainya dapat berubah (koil variabel).

Transistor

Keberadaan transistor sangat berpengaruh dalam pengembangan elektronik, karena transistor ini memiliki banyak fungsi. Seperti amplifier saat ini, konektor dan saklar (switch), stabilitas tegangan, modulasi sinyal, penyearah dan banyak lagi. Pada dasarnya, operasi pemancar ini mirip dengan keran air, dan pemancar memiliki tiga kaki, yaitu: Basis (B), Emitor (E) dan Manifold (C).

Sirkuit Terpadu (IC)

Komponen IC terdiri dari ratusan atau bahkan jutaan transistor, resistor dan komponen lain yang membentuk rangkaian kecil. Jumlah kaki bervariasi dari 3 kaki hingga ratusan. Dan ada juga beberapa fungsi seperti konektor, amplifier, controller, hingga media penyimpanan.

Dan, secara umum, IC digunakan sebagai otak dalam peralatan elektronik, terutama robot. Contoh sirkuit terintegrasi yang digunakan dalam robot adalah mikrokontroler seperti Arduino. Dan beberapa digunakan sebagai otak di komputer, itu adalah prosesor, ia memiliki ratusan kaki.

Saklar (switch)

Komponen elektronik yang digunakan untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik. Ada banyak jenis sakelar, yang meliputi:

Sakelar Rocker Jenis saklar ini digunakan lebih sering, dengan cara kerja yang cukup sederhana. Arus akan diaktifkan jika kita menekan bagian dengan simbol 1, dan itu akan terputus jika kita menekan bagian dengan simbol 0.

Toggle Switch Cara kerjanya mirip dengan saklar rocker, satu-satunya perbedaan adalah caranya.

Tombol tekan (sakelar tombol). Arus listrik akan terhubung hanya ketika kita menekan tombol, dan itu akan terputus ketika kita melepaskannya (tanpa menekan). Ini sering digunakan untuk tombol pada remote control, dan juga untuk sensor sentuh pada robot.

Sakelar Stroke Cara kerjanya dengan tombol, tapi yang ini lebih sensitif, lebih mudah untuk ditekan. Dan bentuk mekanisnya dirancang untuk menjadi sensor sentuh sederhana bagi orang yang menghindari robot.

Breadboard

Istilah lain adalah project board, yang digunakan untuk membuat serangkaian percobaan elektronik tanpa pengelasan. Fasilitasi kami saat Anda mencoba membuat proyek atau menguji sirkuit elektronik. Ada banyak jenis panel uji.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *