Kaos_Singlet_Pria_Ready_Go_Kaos_Distro_Pria_Kaos_Pria_Distro

Penjelasan Tentang Kain Katun dari A sampai Z yang Perlu Anda Ketahui done

Kain katun merupakan jenis kain yang banyak digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari seperti kaos dan kemeja. Tentunya, penggunaannya bukan tanpa alasan. Oleh karena itu, berikut penjelasan tentang kain katun dari A sampai Z.

Jenis bahan pembuatan suatu pakaian sangatlah menentukan seberapa bagus dan nyamannya pakaian itu ketika dipakai. Dapat dibilang kain katun, adalah bahan terbaik untuk membuat pakaian  dan juga bahan yang sering digunakan jasa sablon kaos karena memiliki sifat sebagai berikut.

Tidak Panas

Image Source: ytimg.com

Kain katuin ini mempunyai sifat menjaga kelembaban tubuh karena dapat menyerap cairan cairan yang keluar pada kulit seperti halnya handuk. Oleh sebab itu, kain ini sangat cocok untuk dipakai ketika berolahraga.

Kuat

Dengan kekuatan ketegangan yang tinggi membuat kain katun susah untuk dirobek. Bahkan ketika  basah, kain ini menjadi 30% lebih kuat sehingga tetap aman jika dicuci menggunakan mesin cuci dengan air panas.

Nyaman

Bahan dasar katun pada sebuah baju memiliki sifat yang lentur dan lembut. Karena itu, bahan katun tersebut sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian sehari-hari seperti kaos dan pakaian dalam.

Susut

Namun kekurangan dari sifat kain katun adalah elastisitas yang kurang baik sehingga renta terhadap penyusutan setelah dicuci. Setelah menyusut kain ini juga sulit bahkan tidak dapat kembali pada kondisi semula.

  • Mudah Luntur

Selain menyusut, karena kain katun memiliki konstruksi serat alami yang pendek, maka warna pada kain ini mudah luntur. Untuk itu disarankan ketika akan dimasukan ke mesin cuci, baju dibalik terlebih dahulu.

Setelah mengetahui alasan banyaknya pemakai kain katun, ada baiknya jika Anda mengetahui tentang jenis-jenis dari bahan kain pada penjelasan tentang kain katun dari A sampai Z ini. Beberapa jenis bahan kain katun yang sering digunakan sebagai berikut.

  • Combed (20s, 24s, 30s)

Bahan dari kain katun combed ini terbuat dari serat kapas alami murni 100% dan memiliki karakteristik tekstur yang halus, nyaman, dingin, serta menyerap keringat. Serat benang dari bahan kain ini halus dan rata.

  • Cardet (20s, 30s)

Serat benang pada bahan kain cardet lebih kasar dibandingkan dengan serat pada bahan combed. Dapat dibilang, jenis bahan ini merupakan KW 1 nya dari bahan combed karena harganya yang lebih murah. Kaos bahan ini sering digunakan pada target pasar menengah.

  • Polyster dan PE

Sesuai dengan namanya, Polyster adalah bahan serat sintetis yang dibuat dari bahan ester. Kain jenis ini memiliki ketebalan yang lebih tipis, kasar, dan tidak dapat menyerap keringat dibandingkan dengan bahan katun combed.

  • TC (Teteron Cotton)

Jenis bahan TC merupakan salah satu hasil dari penggabungan polyster dan katun. Jenis bahan kain ini terdiri dari 65% polyster dan 35% cotton. Seperti PE, polyster akan terasa panas ketika dipakai karena tidak dapat menyerap keringat. Namun bahan ini tidak mudah melar dan tahan kusut.

  • Viscose

Viscose juga sering disebut dengan rayon, sebuah bahan serat sintetis buatan manusia sering yang digunakan untuk membuat kain karena memiliki tekstur hampir sama dengan kapas. Viscouse ini biasanya digunakan untuk menambah kecerahan warna dan kenyamanan pada serat sintetis.

Itulah penjelasan tentang kain katun dari A sampai Z mengenai kelebihan dan jenis-jenisnya. Pemilihan jenis bahan pakaian yang, tentunya akan membuat Anda lebih memberi kenyaman dalam memakai pakaian tersebut.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *